ANALISIS TRACK QUALITY INDEX PADA PERIODE SEBELUM DAN SESUDAH PEMBANGUNAN JALUR GANDA (Studi Kasus: Lintas Kroya-Kutoarjo)

Authors

  • Reza Anjas Danielli Universitas Gadjah Mada
  • Imam Muthohar Universitas Gadjah Mada

Keywords:

jalur ganda, kereta ukur, track quality index, standar deviasi, perawatan jalan rel

Abstract

Perawatan jalan rel menggunakan penilaian Track Quality Index untuk menentukan koridor jalan rel yang diprioritaskan untuk di perbaiki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai TQI pada jalur kereta api Kroya – Kutoarjo KM 402,8 – KM 478,8 pada periode sebelum dan sesudah pembangunan jalur ganda lntas Selatan Jawa. Nilai Track Quality Index diperoleh dari penjumlahan standar deviasi keempat parameter yang diperoleh dari output data kereta ukur. Keempat parameter yang mempengaruhi nilai TQI adalah angkatan, listringan, pertinggian dan lebar spur. Berdasarkan hasil analisis rekapitulasi nilai TQI, didapat bahwa terjadi penurunan kualitas pada periode setelah pembangunan jalur ganda kereta api Kroya-Kutoarjo yaitu dari persentase nilai TQI kategori 1 sebesar 64,83% pada tahun 2019 manjadi sebesar 58,12% pada tahun 2020 jalur hulu. Pada jalur hilir, persentase nilai TQI masih tergolong baik sekali dengan persentase kategori I sebesar 73,30%. Hal ini dikarenakan jalur hilir masih tergolong track baru sehingga keandalan track masih sangat terjaga.

Downloads

Published

2022-04-20

How to Cite

Reza Anjas Danielli and Imam Muthohar (2022) “ANALISIS TRACK QUALITY INDEX PADA PERIODE SEBELUM DAN SESUDAH PEMBANGUNAN JALUR GANDA (Studi Kasus: Lintas Kroya-Kutoarjo)”, Prosiding Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi, p. 633. Available at: https://ojs.fstpt.info/index.php/ProsFSTPT/article/view/764 (Accessed: 4 February 2023).