PENILAIAN KINERJA UNTUK DASAR OPTIMALISASI TERMINAL TIPE A (Studi Kasus Terminal Bandar Raya Payung Sekaki, Kota Pekanbaru-Provinsi Riau)

Authors

  • Tonny Judiantono Universitas Islam Bandung
  • Anggi Pratama Universitas Islam Bandung

Keywords:

terminal bis, optimalisasi, aksebilitas, IPA, SWOT

Abstract

Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS) merupakan terminal tipe A yang berada di kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Lokasi terminal cukup jauh dari pusat perdagangan, pemukiman, fasilitas sosial-ekonomi dan kegiatan lainnya. Pergerakan penumpang dan kendaraan di terminal ini sangat fluktuatif apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini. Penelitian ini ditujukan untuk menilai kinerja Terminal Tipe A, guna memperkirakan keberlanjutan optimalisasi terminal ini dimasa yang akan datang. Dengan menggunakan metoda SWOT dan IPA (Importance Performance Analysis) atas data kondisi fisik, sistem aktivitas, pemanfaatan lahan terminal, aksesibilitas terminal, serta potensi pergerakan kendaraan dan penumpang, diperoleh hasil kinerja terminal berada di kuadran 1 SWOT yang berarti agresif, dan hasil IPA  yang menunjukan ada 15 indikator pelayanan yang perlu ditingkatkan. Terminal A-BRPS ini masih berpotensi untuk menambah penumpang AKDP sebesar 25,34% dan AKAP 41,61%. Dari sewa lahan yang ada terminal ini berpotensi untuk menghasilkan pendapatan sebesar Rp. 569.250.000/tahun. Namun untuk mencapai kondisi tersebut, diperlukan rencana aksi pengoperasian terminal yang lebih progresif dan sejumlah regulasi untuk ditindak lanjuti

Downloads

Published

2022-04-20

How to Cite

Tonny Judiantono and Anggi Pratama (2022) “PENILAIAN KINERJA UNTUK DASAR OPTIMALISASI TERMINAL TIPE A (Studi Kasus Terminal Bandar Raya Payung Sekaki, Kota Pekanbaru-Provinsi Riau)”, Prosiding Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi, p. 601. Available at: https://ojs.fstpt.info/index.php/ProsFSTPT/article/view/767 (Accessed: 4 February 2023).