ANALISIS EMISI GAS BUANG KENDARAAN BERMOTORSAAT MASA PANDEMI DI KOTA DENPASAR

Authors

  • Dinda One Mulyaningsih Politeknik Transportasi Darat Bali
  • M. Beny Dwifa Politeknik Transportasi Darat Bali
  • I Nyoman ArisPramanatha Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Altri Taufiqun Enji Oase Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Ni Putu Anistia Maharani Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Ni Nengah Dheanita Puspita Dhyani Politeknik Transportasi Darat Bali
  • I Made Divayana Vedanta Politeknik Transportasi Darat Bali

Keywords:

Kendaraan Bermotor, Emisi gas buang, CO dan HC;, Covid-19, Kota Denpasar

Abstract

Perkembangan kendaraan bermotor di Indonesia meningkat setiap tahun khususnya Kota Denpasar. Jumlah kendaraan yang bergerak di Kota Denpasar cukup padat dan berpotensi menghasilkan emisi gas buang karbon monoksida (CO) dan hidrokarbon (HC) yang tinggi dan dapat berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Tidak hanya itu, pada awal tahun 2020 dunia dihebohkan dengan adanya wabah yang disebabkan oleh virus bernama Covid-19. Wabah ini tentunya menghasilkan dampak negatif terutama bidang perekonomian masyarakat yang dimana ekonomi masyarakat khususnya negara merosot jauh. Selain itu, wabah Covid-19 ini juga mampu merenggut nyawa manusia. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan guna mengatasi wabah ini dengan menurunkan segala aktivitas manusia. Tujuan penelitian adalah mengetahui kadar emisi gas buang yang dihasilkan selama pandemi Covid -19 dan juga mengetahui terjadinya penurunan dan peningkatan kadar emisi gas buang sebelum dan saat terjadinya pandemi Covid-19. Metode
penelitian menggunakan penelitian deskriptif dan survei dengan menggunakan data uji petik oleh Politeknik Transportasi Darat Bali.

Downloads

Published

2022-04-20

How to Cite

Dinda One Mulyaningsih, M. Beny Dwifa, I Nyoman ArisPramanatha, Enji Oase, A. T. ., Ni Putu Anistia Maharani, Ni Nengah Dheanita Puspita Dhyani and I Made Divayana Vedanta (2022) “ANALISIS EMISI GAS BUANG KENDARAAN BERMOTORSAAT MASA PANDEMI DI KOTA DENPASAR”, Prosiding Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi, p. 69. Available at: https://ojs.fstpt.info/index.php/ProsFSTPT/article/view/777 (Accessed: 4 February 2023).