SISTEM REM KENDARAAN MOBIL BARANG SEBAGAI PROMOTOR KESELAMATAN LALU LINTAS SESUAI DENGAN JBB (JUMLAH BERAT YANG DIPERBOLEHKAN) DI ERA DISRUPSI TEKNOLOGI

Authors

  • Arista Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
  • Khafid Murtofik Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
  • I Putu Biru Bayu Nanda Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
  • Brasie Pradana Sela Bunga Riska Ayu Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan

Keywords:

Sistem Pengereman, Kendaraan Angkutan Barang, Full Hydraulic Braking System, Air Braking System, JBB (Jumlah Berat yang Diperbolehkan)

Abstract

Penelitian ini membahas sistem pengereman pada kendaraan dengan Jumlah Berat Yang Diperbolehkan. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui model jenis pengereman kendaraan angkutan barang sesuai dengan JBB (2) untuk melihat cara meminimalisir kerusakan sistem rem. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan data primer (perhitungan efisiensi dan kuiesioner) dan sekunder (kecelakaan dari KNKT).Hasil penelitian pertama, terungkap bahwa 11 dari 11 kendaraan JBB < 3500 kg menggunakan Full Hydraulic Braking , sedangkan untuk kendaraan JBB > 3500 kg, 7 menggunakan Air Braking dan 4 menggunakan Full Hydraulic Braking . Nilai rata-rata efisiensi rem menunjukkan bahwa Air Braking System lebih efisien dibandingkan Full Hydraulic Braking (MeAir = 2071.1 > MeHydraulic = 1548,75). Hasil tersebut didukung oleh hasil kuesioner ,hidarualik braking paling banyak bermasalah. Data kecelakaan tahun 2017-2021 menunjukkan jenis rem hidarualik paling banyak kecelakaan. Hasil kedua memberikan cara promotif dan pencegahan untuk meminimalisir kerusakan system rem yaitu pemeriksaan rutin sistem pengereman dan memperbaiki bagian rusak.

Downloads

Published

2022-04-20

How to Cite

Arista, Murtofik, K. ., I Putu Biru Bayu Nanda and Brasie Pradana Sela Bunga Riska Ayu (2022) “SISTEM REM KENDARAAN MOBIL BARANG SEBAGAI PROMOTOR KESELAMATAN LALU LINTAS SESUAI DENGAN JBB (JUMLAH BERAT YANG DIPERBOLEHKAN) DI ERA DISRUPSI TEKNOLOGI”, Prosiding Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi, p. 144. Available at: https://ojs.fstpt.info/index.php/ProsFSTPT/article/view/785 (Accessed: 4 February 2023).