PENGGUNAAN SPEED BUMP TIDAK STANDAR DALAM MENGURANGI KECEPATAN SEPEDA MOTOR AUTOMATIC PADA KAWASAN PERUMAHAN DI KOTA BANDUNG

Authors

  • Ferdyan Mahendra Pratama

Keywords:

Speed Bump, Logger Pro, Analisis Regresi Linear, Kecepatan Kendaraan, Kawasan Perumahan, Sepeda Motor

Abstract

Kecelakaan akibat kecepatan kendaraan yang tidak terkontrol khususnya sepeda motor sering terjadi pada kawasan perumahan. Untuk meminimalisir hal tersebut diperlukan pemasangan alat pembatas kecepatan dalam hal ini speed bump namun mayoritas ukuran speed bump pada kawasan perumahan tidak standar. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah menganalisis kecepatan sepeda motor automatic terhadap karakteristik speed bump pada sebelum, saat dan setelah melewati speed bump. Metode survei kecepatan running speed dengan pengukuran langsung di lapangan, analisis profil kecepatan menggunakan software logger pro dan dihasilkan grafik kecepatan pada tiap lokasi studi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik berupa analisis regresi linear berganda dengan variabel terikat yakni kecepatan, dan variabel bebas meliputi tinggi speed bump, lebar speed bump, perbedaan material badan jalan dengan material speed bump dan kelengkapan marka. Model menunjukan bahwa kecepatan sepeda motor automatic pada kawasan speed bump dipengaruhi faktor visual seperti perbedaan material dan kelengkapan marka.

Downloads

Published

2022-04-20

How to Cite

Ferdyan Mahendra Pratama (2022) “PENGGUNAAN SPEED BUMP TIDAK STANDAR DALAM MENGURANGI KECEPATAN SEPEDA MOTOR AUTOMATIC PADA KAWASAN PERUMAHAN DI KOTA BANDUNG”, Prosiding Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi, p. 178. Available at: https://ojs.fstpt.info/index.php/ProsFSTPT/article/view/788 (Accessed: 4 February 2023).