PENENTUAN TARIF IDEAL ANGKUTAN TRUK PT XYZ BERDASARKAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN PADA WILAYAH DKI JAKARTA DAN JAWA BARAT

Authors

  • Syahrul Rizky Burhanudzaky Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia
  • Pradhana Wahyu Nariendra Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia

Keywords:

tarif, biaya operasional kendaraan, distribusi, suku cadang, armada

Abstract

Pada setiap produk yang digunakan sehari-hari, selalu didistribusikan dari pabrik hingga konsumen. Setiap harga beli yang dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk terdapat biaya-biaya yang perlu diefisiensikan sehingga harga suatu produk tersebut menjadi lebih murah dan tetap menguntungkan bagi produsen. Beberapa perusahaan lebih memilih memasarkan dan mendistribusikan produknya melalui jasa pihak ketiga. PT XYZ merupakan perusahaan jasa pengangkutan pihak ketiga yang sering digunakan oleh perusahaan produksi untuk memasarkan produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapakah tarif yang ideal yang diberikan untuk pendistribusian produk dari perusahaan produksi dengan metode penghitungan biaya operasional kendaraan dan tarif ideal. Hasil penelitian menunjukan besaran biaya yang dikeluarkan untuk setiap kendaraan yang dioperasikan oleh PT XYZ setiap tahunnya adalah sebesar Rp 207.698.846,75. Sedangkan biaya untuk setiap kilometer setiap kendaraannya sebesar Rp 2.261,02. Pada tarif ideal ditambahkan komponen biaya fee management sebesar Rp. 226,102 dan overhead cost sebesar Rp. 452,204, maka tarif idealnya sebesar Rp. 2.939,326/Kendaraan/Km.

Downloads

Published

2022-04-23

How to Cite

Syahrul Rizky Burhanudzaky and Pradhana Wahyu Nariendra (2022) “PENENTUAN TARIF IDEAL ANGKUTAN TRUK PT XYZ BERDASARKAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN PADA WILAYAH DKI JAKARTA DAN JAWA BARAT ”, Prosiding Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi, p. 415. Available at: https://ojs.fstpt.info/index.php/ProsFSTPT/article/view/810 (Accessed: 4 February 2023).