TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN BUS TRANS METRO BANDUNG (TMB) PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Immanuel Fernandes Tampubolon Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Elkhasnet Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Muhamad Rizki Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

transportasi, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, pandemi COVID-19

Abstract

Sebagai salah satu operator angkutan umum yang bergerak dalam jasa transportasi, Trans Metro Bandung (TMB) dituntut untuk memberikan kualitas pelayanan terbaik agar pengguna jasa transportasi TMB tetap menggunakannya selama masa pandemi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepuasan pengguna terhadap protokol kesehatan yang dilaksanakan oleh operator. Data dikumpulkan dengan cara menyebar kuesioner kepada pengguna bus dan di analisis menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) beserta Important-Performance Analysis (IPA). Kemudian, analisis dikelompokan sesuai dengan karakteristik pergerakan pengguna pada masa sebelum pandemi dan masa pandemi yang dikategorikan sebagai frekuensi tetap dan frekuensi berkurang. Hasil kuesioner setiap kelompok digambarkan dalam IPA dan CSI untuk menunjukan kepuasan pengguna dan membandingkan hasil kedua kelompok tersebut. Nilai CSI kelompok frekuensi tetap sebesar 87% sementara kelompok frekuensi berkurang sebesar 92%, dapat diartikan penurunan frekuensi penggunaan bukan disebabkan oleh pelayanan yang belum memuaskan. Diagram kartesius IPA menunjukan bahwa atribut pengecekan suhu penumpang perlu ditingkatkan.

Downloads

Published

2022-04-23

How to Cite

Immanuel Fernandes Tampubolon, Elkhasnet and Muhamad Rizki (2022) “TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN BUS TRANS METRO BANDUNG (TMB) PADA MASA PANDEMI COVID-19”, Prosiding Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi, p. 405. Available at: https://ojs.fstpt.info/index.php/ProsFSTPT/article/view/811 (Accessed: 2 February 2023).

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>