TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT KOTA DENPASAR DALAM MENGGUNAKAN ANGKUTAN UMUM BERBASIS ONLINE DAN ANGKUTAN UMUM KONVENSIONAL

Authors

  • Kadek Dwi Pryandana Suyasa Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Ni Made Nanda Pradnya Dewi Politeknik Transportasi Darat Bali
  • I Kadek Arta Bawa Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Simson Antonius Sitorus Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Rahmat Ahmad Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Dwi Wahyu Hidayat Politeknik Transportasi Darat Bali

Keywords:

kepuasan masyarakat, angkutan umum, angkutan umum berbasis online, angkutan umum konvensional

Abstract

Seiring perkembangan zaman, angkutan umum semakin berkembang. Pada awalnya masyarakat hanya menggunakan jenis angkutan umum konvensional. Tetapi saat ini, banyak dijumpai berbagai jenis angkutan umum berbasis online. Hal ini akan berdampak pada masyarakat dalam menggunakan jenis angkutan umum baik berbasis online maupun konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi serta pengetahuan kepada masyarakat mengenai perbandingan tingkat kepuasan masyarakat Denpasar dalam menggunakan angkutan umum berbasis online dengan angkutan umum konvensional dengan metode penelitian kuantitatif menggunakan kuesioner, serta pengolahan data hasil kuesioner menggunakan bantuan software SPSS. Adapun hasil penelitian yang didapat dari data kuesioner yaitu masyarakat Kota Denpasar merasa lebih puas menggunakan jasa angkutan umum berbasis online dibandingkan angkutan umum konvensional. Hal ini dibuktikan dengan lebih tingginya nilai rata-rata kepuasan masyarakat dalam menggunakan angkutan umum berbasis online daripada angkutan umum konvensional ditinjau dari lima aspek yang menjadi standar dalam penilaian kepuasan.

Downloads

Published

2022-04-23

How to Cite

Kadek Dwi Pryandana Suyasa, Ni Made Nanda Pradnya Dewi, I Kadek Arta Bawa, Simson Antonius Sitorus, Rahmat Ahmad and Dwi Wahyu Hidayat (2022) “TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT KOTA DENPASAR DALAM MENGGUNAKAN ANGKUTAN UMUM BERBASIS ONLINE DAN ANGKUTAN UMUM KONVENSIONAL”, Prosiding Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi, p. 376. Available at: https://ojs.fstpt.info/index.php/ProsFSTPT/article/view/814 (Accessed: 4 February 2023).