ANALISIS PREFERENSI PENGGUNA MOTOR TERHADAP PENERAPAN ELECTRONIC ROAD PRICING (ERP) DI KAWASAN PEMBATASAN LALU LINTAS DKI JAKARTA

Authors

  • Muhammad Fathurrizqi Universitas Indonesia
  • Alvinsyah Universitas Indonesia

Keywords:

Diskrit Logit Binomial, Electronic Road Pricing, Stated Preference

Abstract

Jakarta menduduki peringkat 10 besar sebagai kota termacet di dunia. Salah satu penyebabnya adalah tingginya jumlah kendaraan pribadi sepeda motor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari kebijakan ERP di kawasan pembatasan lalu lintas DKI Jakarta terhadap keputusan pengguna kendaraan pribadi sepeda motor untuk beralih ke angkutan umum. Penelitian ini menghimpun data dengan menyebarkan kuesioner daring dan wawancara tatap muka yang berisikan pertanyaan stated preference. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan model pemilihan diskrit logit binomial dengan membentuk fungsi utilitas yang menggunakan pendekatan regresi logistik. Pembentukan fungsi utilitas pada setiap kelompok data dibangun dengan variabel yang berkorelasi berdasarkan uji korelasi spearman. Setiap fungsi utilitas diuji kelayakannya dengan  uji Omnibus, uji Hosmer-Lemeshow, nagelkerke R square, dan overall pecentage. Selanjutnya dilakukan uji validasi menggunakan root mean square error pada setiap fungsi utilitas. Setelah itu, dilakukan pemilihan model berdasarkan hasil uji kelayakan dan uji validasi. Selanjutnya, dilakukan analisis probabilitas perpindahan dari model ERP. Pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ERP memiliki pengaruh yang besar terhadap keputusan pengguna kendaraan pribadi untuk beralih ke angkutan umum.

 

Downloads

Published

2022-04-25

How to Cite

Muhammad Fathurrizqi and Alvinsyah (2022) “ANALISIS PREFERENSI PENGGUNA MOTOR TERHADAP PENERAPAN ELECTRONIC ROAD PRICING (ERP) DI KAWASAN PEMBATASAN LALU LINTAS DKI JAKARTA”, Prosiding Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi, p. 452. Available at: https://ojs.fstpt.info/index.php/ProsFSTPT/article/view/823 (Accessed: 4 February 2023).